Tanggal 9 Maret merupakan hari music nasional dimana di tanggal tersebut bertepatan dengan hari lahirnya pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Soepratman.

Ia lahir pada 9 Maret 1908 dan wafat di tahun 1938. Ia tak sempat mendengarkan lagu ciptaannya yang dinyanyikan pada saat Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945.

5 Penyanyi Legendaris Indonesia

Bagi anak generasi 80-an hingga 90-an, tentunya akan sangat rindu dengan lagu jadul atau tembang kenangan yang selalu setia menemani ruang dengar semasa dulu.

Ada banyak sekali musisi dan penyani jadul legendaris yang cukup terkenal dari dulu hingga sekarang.

1.Chrisye

Chrismansyah Rahadi (dengan nama asli Christian Rahadi di Jakarta, Indonesia, 16 September 1949 – meninggal di Jakarta, Indonesia, 30 Maret 2007 pada umur 57 tahun) yang biasa kita kenal dengan nama Chrisye, adalah seorang musisi legendaris asal Indonesia.

Ia bermain music saat masih muda tepatnya di bangku SMA. Ia dikenal dengan suara vokalnya yang khas lembut dan gaya panggung sedikit kaku.

Sepanjang karirnya, ia telah merilis 31 album. Ia juga merilis banyak lagu single yang beberapa dijadikan soundtrack sinetron.

2.Rhoma Irama

Raden Haji Oma Irama yang dikenal dengan nama panggung Rhoma Irama (lahir di Tasikmalaya, 11 Desember 1946) adalah musisi dangdut senior asal Indonesia yang mendapat predikat “Raja Dangdut”.

Sejak tahun 70-an, ia telah menjadi penyanyi ternama setelah merasakan jatuh bangun dalam mendirikan band music.

Rhoma Irama membentuk sonata pada 13 Oktober 1973. Ia tercatat mendapat penghargaan 11 golden record dari kaset-kasetnya.

Ia merupakan seorang musisi dangdut tersukses dalam mengumpulkan massa. Tak jarang dalam konser yang digelar banyak penonton sampai pingsan karena berdesakan. Sepanjang karirnya ia telah merilis 100 album dengan 1000 tembang lagu dangdut.

3.Benyamin Sueb

Benyamin Sueb (lahir di Jakarta, 5 Maret 1939 – meninggal di Jakarta, 5 September 1995 usia 56 tahun) adalah pemeran, pelawak, sutradara dan penyanyi asal Indonesia.

Ia menghasilkan lebih dari 75 album music dan 53 judul film. Seniman serba bisa ini memang sudah terlihat bakatnya ketika masih kecil.

Darah seni diturunkan dari pengaruh 2 kakeknya. Saiti yang seorang peniup clarinet dan haji ung pemain Dulmuluk.

Kesuksesan dalam jalur music di mulai dengan bergabungnya benyamin dengan grup Naga Mustika. Grup inilah yang membuat nama Benyamin tekneal sebagai seorang penyanyi di Indonesia. Bahkan ia juga sukses di dunia film.

4.Iwan Fals

Virgiawan Listanto alias Iwan Fals lahir di jakarta pada 3 september 1961. Merupakan penyanyi yang beraliran balada, pop, dan country. Bakat musiknya terlihat sejak usianya yang masih kecil yakni 13 tahun.

Sepulang sekolah Iwan selalu menghabiskan waktu dengan mengamen di Bandung. Kemudian ia pergi mengadu nasib di Jakarta, ia diajak seorang produser.

Sepanjang karirnya Iwan Fals telah merilis 44 album, 15 single, 36 kompilasi, dan 84 lagu tidak beredar.

5.Ari Lasso

Ari Bernandus lasso, atau dengan nama populer Ari Lasso lahir di madiun 17 januari 1973 merupakan penyanyi pop berkebangsaan Indonesia.

Ia pernah bergabung dengan Dewa 19 sebagai vokalis di tahun 1991 hingga 1999 dan akhirnya memutuskan untuk bersolo karier.

Dalam kehidupannya, ia menikah dengan Vitta Dessy pada 8 Februari 1999. Mereka dikaruniai 3 orang anak. Sepanjang karirnya Ari telah merilis 5 album bersama Dewa 19 dan 6 album solo.

Itulah 5 musisi legendaris Indonesia yang karyanya tak lekang oleh waktu sampai sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *